header iklan
Interseks, Kenapa Manusia Bisa Berkelamin Ganda atau Interseks? Ini Penjelasanya
Penulis : Andriansyah |
Sabtu 17 June 2023, 11:30 WIB |
Interseks, Kenapa Manusia Bisa Berkelamin Ganda atau Interseks? Ini Penjelasanya - WASTU.ID

WASTU.ID - Umumnya, dalam dunia ini kita mengenal dua jenis kelamin, yaitu perempuan dan laki-laki. Setiap individu umumnya memiliki satu jenis kelamin. Namun, bagaimana jika ada seseorang yang memiliki jenis kelamin ganda?

Orang yang memiliki jenis kelamin ganda disebut interseks. Lalu, bagaimana mungkin seseorang memiliki jenis kelamin ganda? Menurut definisi UNHRC (United Nations Human Rights Council), interseks adalah individu yang lahir dengan ciri-ciri jenis kelamin yang meliputi alat kelamin, kelenjar produksi, dan pola kromosom yang tidak sesuai dengan pemahaman umum tentang tubuh laki-laki atau perempuan yang bercirikan dua jenis yang berbeda secara biner.

BACA JUGA : Micin Bisa Memutihkan Wajah? Viral Video Tiktok Memutihkan Wajah dengan Ajinomoto

Jumlah individu interseks yang ada belum dapat dipastikan secara pasti karena banyaknya individu yang tidak terdeteksi, namun perkiraannya mencapai sekitar 1,7 persen dari total penduduk dunia. 

Kromosom merupakan molekul DNA panjang yang mengandung materi genetik suatu organisme. Kromosom dapat diibaratkan seperti harddisk yang menyimpan semua informasi genetik suatu organisme. 

Kode-kode genetik yang terkandung dalam kromosom inilah yang diterjemahkan menjadi ciri-ciri fisik manusia seperti tinggi badan, warna mata, jenis kelamin, dan lain-lain.

BACA JUGA : Prediksi Skor Jerman vs Ukraina 12 Juni 2023 di Pertandingan Persahabatan dan Susunan Pemain

Jenis kelamin kita ditentukan oleh kromosom yang ada sejak dalam kandungan. Kromosom XX menentukan jenis kelamin perempuan, sedangkan kromosom XY menentukan jenis kelamin laki-laki. 

Setelah ditentukan oleh kromosom, perkembangan fisik sebagai laki-laki atau perempuan dilanjutkan oleh hormon seks.

BACA JUGA : Mengapa Allah Menciptakan Kuku Manusia, Sebuah Perspektif Agama dan Kehendak Ilahi

Namun, pada kasus interseks, terjadi gangguan seperti pergeseran atau hilangnya gen penentu jenis kelamin pada kromosom Y, gangguan kromosom X pada laki-laki, gangguan pada reseptor gen seks laki-laki, atau paparan hormon ekstrogen selama kehamilan. 

Kondisi interseks ini biasanya diketahui sejak lahir, tetapi beberapa kasus tidak menunjukkan ciri-ciri yang jelas hingga masa remaja.

Beberapa kondisi interseks menyebabkan bayi dilahirkan dengan alat kelamin yang sulit diklasifikasikan sebagai laki-laki atau perempuan. Ada empat tipe interseks yang umum dikenal, yaitu 46 XX interseks, 46 XY interseks, true gonadal interseks, dan complex interseks.

2
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERPOPULER