header iklan
6 Jenis Makanan Tertua Di Dunia Yang Masih Ada Sampai Sekarang, Salah Satunya Dari Zaman Purba
Penulis : Denden Rusyadi |
Kamis 11 July 2024, 15:31 WIB |
Jenis Makanan Tertua Di Dunia Yang Masih Ada Sampai Sekarang. Foto: freepik

WASTU.ID - Ada beragam jenis makanan tertua di dunia yang berasal dari berbagai zaman. Dalam hal ini makanan bukan hanya sumber nutrisi, tetapi juga jendela ke masa lalu

Di sepanjang sejarah kuliner dunia, manusia telah mengembangkan berbagai teknik pengolahan makanan dari yang sederhana, seperti pada makanan zaman purba, sampai dengan metode pengolahan yang inovatif untuk menciptakan hidangan yang unik. 

Dalam artikel ini, kita akan menelusuri beberapa makanan tertua di dunia, menyelami sejarah pembuatannya dan budaya yang membesarkannya.

BACA JUGA : Top 5 Hero Honor of Kings Cocok untuk Pemula Ada Menki Hero Versatile dengan Skill CC yang OP

1. Roti Sourdough

Sourdough adalah salah satu bentuk roti beragi paling tua dalam sejarah kuliner dunia. Asal-usul makanan ini berasal dari Mesir Kuno sekitar 1500 SM. 

Sebelum dikenalnya ragi komersial, sourdough adalah metode standar untuk mengembangkan roti. 

Prosesnya melibatkan penggunaan ragi yang terjadi secara alami untuk fermentasi adonan, yang menghasilkan rasa yang unik dan asam. 

2. Produk Susu Fermentasi

BACA JUGA : Top 6 Skincare untuk Pemula yang Best Seller di Tiktok Pilihan Terbaik untuk Kulit Glowing Bebas Jerawat

Produk susu fermentasi, seperti yoghurt dan keju, telah menjadi salah satu jenis makanan manusia selama ribuan tahun. 

Asal-usul makanan fermentasi ini menurut bukti paling awal berasal dari sekitar 10.000 SM di kawasan Afrika, dan termasuk jenis makanan zaman purba

Fermentasi tidak hanya melestarikan produk susu, tetapi juga membuatnya lebih mudah dicerna dan memberinya rasa yang khas. 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits 2024, Dijamin Murah Meriah dan Instagramable

3. Pancake

Pancake menjadi makanan tertua di dunia sejak lebih dari 70.000 tahun lalu. Hal ini seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sisa makanan di Gua Shanidar, Irak, oleh para peneliti pada tahun 2022.

Mereka merekonstruksi kembali untuk mengetahui asal-usul makanan primitif ini melalui proses merendam biji-bijian, menumbuknya menjadi adonan, dan kemudian memasaknya. 

Perubahan bentuk pancake kemungkinan terjadi sejak 30.000 tahun lalu pada era Paleolitikum. 

Pancake menjadi salah satu jenis makanan zaman purba yang masih eksis sampai hari ini, tentunya pada zaman itu bentuk pancake jauh lebih sederhana dibandingkan dengan pancake modern yang kita kenal saat ini.

4. Cokelat

1
2
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERPOPULER