header iklan
Satgas Covid-19 Merilis Prokes Baru, Masyarakat Tetap Pakai SATUSEHAT
Penulis : Andriansyah |
Sabtu 10 June 2023, 17:04 WIB |
Satgas Covid-19 Merilis Prokes Baru, Masyarakat Tetap Pakai SATUSEHAT - WASTI.ID

WASTU.ID - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Covid-19. Langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan yang cukup beragam.

Penerbitan surat edaran tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut terhadap perkembangan situasi pengendalian virus SARS-CoV-2, dengan adanya indikasi penurunan kasus baik di tingkat global maupun di Indonesia. 

BACA JUGA : Pasti Untung, Ini Dia Tips untuk Jual Sambal Kemasan dengan Mudah

Selain itu, tingkat kekebalan masyarakat yang semakin tinggi, kebijakan relaksasi transportasi yang dilakukan oleh beberapa negara, dan hasil evaluasi lintas sektor terhadap penanganan Covid-19 juga menjadi pertimbangan dalam penerbitan surat edaran ini.

Tujuan dari Surat Edaran ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan pada masa transisi endemi Covid-19, baik bagi pelaku perjalanan dalam maupun luar negeri, maupun dalam pelaksanaan kegiatan berskala besar maupun kegiatan di fasilitas publik.

Surat Edaran ini menguraikan beberapa poin penting, mulai dari pentingnya vaksinasi Covid-19 hingga penggunaan aplikasi SATUSEHAT. 

BACA JUGA : Dampak yang Ditimbulkan jika Makan Mie Instan dan Nasi Secara Bersamaan

Masyarakat tetap diimbau untuk menjalani vaksinasi Covid-19 hingga dosis keempat, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Selanjutnya, masyarakat diberikan kelonggaran untuk tidak menggunakan masker jika dalam kondisi sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. 

BACA JUGA : Rasakan Sensasi Liburan yang Menyenangkan bersama Keluarga di Sari Ater Campervan Park

Namun, penting bagi masyarakat untuk tetap menggunakan masker jika dalam kondisi tidak sehat atau berisiko tertular Covid-19.

Satgas Covid-19 juga menyarankan agar masyarakat selalu membawa hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala.

Selain itu, bagi individu yang dalam kondisi tidak sehat atau berisiko tertular atau menularkan Covid-19, disarankan untuk menjaga jarak atau menghindari kerumunan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

1
2
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERPOPULER