PA dihitung berdasarkan berbagai faktor, termasuk kualitas dan relevansi tautan (backlink) yang mengarah ke halaman tersebut, struktur internal halaman, faktor pengoptimalan on-page, dan lain-lain.Â
Seperti halnya dengan DA, PA juga merupakan metrik relatif yang membandingkan peringkat halaman dengan halaman lain di web.
DA dan PA penting dalam strategi SEO karena mereka memberikan petunjuk tentang kualitas dan otoritas suatu domain dan halaman di mata mesin pencari.Â
Semakin tinggi nilai DA atau PA, semakin besar kemungkinan suatu situs atau halaman muncul dalam hasil pencarian yang relevan.
Tingkatkan DA dan PA tidaklah mudah dan membutuhkan upaya jangka panjang. Beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan DA dan PA termasuk membangun tautan berkualitas (backlink) dari situs otoritatif, menciptakan konten berkualitas tinggi dan relevan, mengoptimalkan faktor on-page seperti judul halaman dan tag meta, serta memperbaiki struktur internal situs.
Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun DA dan PA dapat memberikan panduan tentang kualitas dan otoritas suatu situs web atau halaman, mereka bukan satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan dalam strategi SEO.Â
Algoritma mesin pencari seperti Google menggunakan ratusan faktor dalam menentukan peringkat halaman. DA dan PA hanya salah satu aspek dari berbagai faktor yang harus dipertimbangkan.
Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah dua metrik yang digunakan dalam SEO untuk mengukur otoritas dan kualitas suatu domain atau halaman.Â
Moz mengembangkan kedua metrik ini dan mereka dihitung berdasarkan berbagai faktor, termasuk backlink, struktur situs, popularitas sosial media, dan lainnya.