header iklan
Mau Tahu Apa KIP Kuliah 2023, Simak Penjelasan Ini
Penulis : Alisundana |
Selasa 28 February 2023, 14:31 WIB |
kip kuliah

WASTU.ID - Mau tahu apa KIP Kuliah 2023? Kartu Indonesia Pintar disingkat KIP. Menjadi KIP Kuliah karena merupakan bantuan pemerintah untuk program pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Sebenarnya tidak hanya KIP Kuliah saja. Bantuan ini sasarannya mulai SD sampai perguruan tinggi. Atau anak mulai usia 6 – 21 tahun. 

Nah, untuk jenjang perguruan tinggi dikenal dengan KIP Kuliah. Proramnya setiap tahun. Nah, sesuai tahunnya, sekarang disebutnya KIP Kuliah 2023.

KIP Kuliah ini program pemerintah melalui Kementrian Pendididkan dan Kebudayaan, untuk siswa lulusan SMA/SMK dan sederajat, yang ada kendala biaya kalau melanjutkan ke perguruan tinggi.

Tujuan KIP ini, agar anak-anak Indonesia usia 6 tahun hingga 21 tahun, mendapatkan layanan pendidikan hingga satuan pendidikan menengah.

KIP Kuliah ini sangat membantu bagi yang mengalami keterbatasan ekonomi. 

Jika mendapatkan KIP Kuliah, bisa terhindar dari putus kuliah karena tidak ada biaya. 

KIP Kuliah juga bisa menarik mereka yang terhenti kuliahnya untuk kemudian melanjutkan sampai selesai.

Setiap tahun KIP Kuliah ada perubahan. Ini untuk memaksimalkan pelayanan dan efektivitas program pemberian bantuan pendidikan bagi siswa.

Tahun 2023, KIP Kuliah ada perubahan yaitu penggantian kartu fisik emnjadi sistem digital. Namanya “Kartu Indonesia Pintar Digital”.

KIP Kuliah digital ini bisa diunduh oleh penerima manfaat. Dalam aplikasi ini akan ditampilkan data penerima manfaat, jadwal pencairan bantuan dan saldo kartu KIP Kuliah.

KIP Kuliah digital lebih praktis. Risiko kehilangan kartu juga minim, tidak seperti pada kartu fisik.

Lalu, penerima manfaat lebih mudah memantau penggunaan dana KIP. Juga pemerintah, memungkinkan memantau penggunaan dan KIP secara real-time.

Perubahan KIP dengan aplikasi mobile ini, berdampak positif yakni penyalahangunaan dana KIP bisa tercegah. 

Melalui digitalisasi ini, pemerintah juga akan melakukan pendataan ulang penerima manfaat KIP.

Terutama memaksimalkan data kondisi keluarga penerima manfaat KIP yang lebih akurat dan tepat sasaran.

Tentu agar tujuan utama KIP yakni meningkatkan akses pendidikan bagi siswa kurang mampu, bisa benar-benar tercapai. Termasuk penerima KIP Kuliah.

Harapan lainnya perubahan kartu KIP fisik ke digitalisasi KIP ini, memudahkan pengawasan dan penggunaan dana KIP oleh siswa penerima manfaat.

1
2
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TAGS :
#KIP
#kuliah
TERPOPULER