header iklan
Ternyata Ini Ciri-Ciri Orang Bahagia Menurut Psikologi, Kamu Termasuk Di dalamnya?
Penulis : Denden Rusyadi |
Senin 08 July 2024, 09:30 WIB |
Ciri-Ciri Orang Bahagia Menurut Psikologi. Foto: freepik

WASTU.ID - Coba perhatikan sekeliling kamu. Siapa yang tampak lebih ceria, lebih tenang, lebih optimis dan lebih 'hidup'? Mereka mungkin memiliki ciri-ciri orang bahagia, yang menurut psikologi mempunyai tanda-tanda tertentu

Bahagia menurut psikologi bukan hanya tentang kegembiraan semata, tetapi tentang kekuatan dan kesehatan mental serta emosional. Artikel ini akan membantu kamu memahami lebih jauh apa saja ciri-ciri orang bahagia.

1. Menyadari Bahagia Itu Sederhana

BACA JUGA : Tempat Wisata Terbaru! Nimo Jungle Hot Spring, Pemandian Air Panas di Tengah Hutan Bandung

Orang bahagia biasanya memahami bahwa kebahagiaan tidak selalu berarti kehidupan tanpa masalah. 

Sebaliknya, mereka mengakui bahwa bahagia itu sederhana dan sering ditemukan dalam hal-hal kecil yang sering kita lewatkan. 

Misalnya, senyum dari seorang teman, suasana matahari terbit, atau sekedar menikmati secangkir teh di sore hari.

2. Memiliki Rasa Syukur

Orang bahagia lainnya dalam sudut pandang psikologi adalah rasa syukur. Orang yang bahagia seringkali merasa bersyukur atas apa yang mereka miliki. 

Hal-hal yang membuat bahagia bagi mereka bukanlah barang mahal atau prestasi besar, tetapi apresiasi sederhana terhadap kehidupan dan apa yang telah mereka capai selama ini.

BACA JUGA : Wisata Alam Batu Mahpar, Gugusan Batu Estetik yang Tercipta dari Lava Letusan Galunggung

3. Optimisme

Orang yang bahagia cenderung memiliki pandangan positif terhadap hidup. Mereka berkeyakinan bahwa setiap tantangan memiliki sisi baik dan karenanya selalu fokus mencari solusi daripada bermalas-malasan di dalam masalah. 

Ini menunjukkan bahwa mereka menerima kenyataan bahwa kehidupan penuh dengan naik turun dan memilih untuk melihat sisi positifnya.

4. Memiliki Tujuan

BACA JUGA : Top 5 Hero Honor of Kings Cocok untuk Pemula Ada Menki Hero Versatile dengan Skill CC yang OP

Orang bahagia menurut psikologi biasanya memiliki tujuan hidup. Mereka berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut dan menganggap proses mencapainya sebagai bagian dari kebahagiaan mereka. 

Hal-hal yang membuat bahagia bagi mereka adalah kemajuan dan pencapaian, tidak peduli seberapa kecilnya.

5. Mampu Mengontrol Tingkat Stres

Ciri-ciri orang bahagia menurut psikologi juga mencakup kemampuan untuk mengendalikan tingkat stres. Orang yang bahagia biasanya mampu meredam stres dan pikiran negatif dengan teknik relaksasi atau hobi yang mereka sukai. 

Bahagia itu sederhana bagi mereka, mereka menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil dan menolak untuk membiarkan hal negatif mengganggu kebahagiaan mereka.

6. Mampu Menikmati Waktu Sendiri

1
2
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERPOPULER