header iklan
Syarat Wajib dan Rukun Puasa, Panduan Menjalankan Ibadah Puasa dengan Benar
Penulis : Andriansyah |
Selasa 21 March 2023, 15:15 WIB |
ilustrasi puasa - wastu.id

WASTU.ID - Puasa adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan selama bulan Ramadan. Puasa memiliki syarat wajib dan rukun yang harus dipenuhi agar puasa dapat dianggap sah dan diterima oleh Allah SWT.

Syarat wajib puasa antara lain adalah seseorang harus beragama Islam, berakal, baligh, sehat, dan memiliki kemampuan untuk menjalankan ibadah puasa secara fisik dan finansial. Syarat-syarat ini merupakan syarat utama yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin berpuasa.

BACA JUGA : Inilah Alasan Mengapa Fosil Dinosaurus Tidak Ada Di Indonesia

Selain syarat wajib, terdapat pula rukun puasa yang harus dipenuhi, yaitu niat, menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari, menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti hubungan suami istri dan muntah-muntah, mempertahankan niat dan menjaga keikhlasan, serta meningkatkan ibadah dan amalan kebaikan lainnya seperti shalat tarawih dan membaca Al-Quran.

Ketika menjalankan puasa, seorang muslim harus memenuhi semua syarat wajib dan rukun puasa. Hal ini bertujuan agar ibadah puasa dapat dianggap sah dan diterima oleh Allah SWT. 

Selain itu, menjalankan puasa dengan benar juga dapat membantu seseorang untuk mengasah kemampuan diri dalam mengendalikan diri, mengatasi stres, dan meningkatkan kepekaan terhadap sesama.

BACA JUGA : Budaya Rokok Dan kopi Yang Sulit Dipisahkan Bagaikan Dua Sejoli

Dalam menjalankan puasa, perlu diingat bahwa tidak hanya syarat wajib dan rukun yang harus dipenuhi, tetapi juga harus menjaga niat dan keikhlasan. 

Puasa bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga harus diiringi dengan perbaikan diri dan meningkatkan kualitas ibadah lainnya.

BACA JUGA : MISTERI, Kenapa Ide Muncul Sesaat Ketika BAB atau Buang Air Besar

Dalam kesimpulannya, syarat wajib dan rukun puasa merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, puasa dapat dianggap sah dan diterima oleh Allah SWT. 

Selain itu, menjalankan puasa dengan benar dapat membantu seseorang untuk mengasah kemampuan diri dalam mengendalikan diri dan meningkatkan kepekaan terhadap sesama.

1
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TAGS :
#puasa
#islam
TERPOPULER