header iklan
Cuan Tebal Pengusaha Kerupuk Dorokdok.. Ini Rahasianya!
Penulis : Shintya Octaviany |
Senin 10 April 2023, 12:10 WIB |
ilustrasi ulfah bisnis dorokdokcu

WASTU.ID - Ulfah Nurfebrianti adalah salah satu dari sekian juta wirausaha mikro yang sukses merintis usaha melalui penjualan camilan tradisional yaitu dorokdok.

Ulfah yang akrab disapa Ucu adalah pendiri merk Dorokdokcu, camilan khas yang merupakan kerupuk kulit khas Jawa Barat.

Dinamakan dorokdok karena diambil dari suara renyahnya kerupuk ini saat digigit. Soal nama Dorokdokcu, adalah gabungan dari dorokdok dan nama panggilannya.

BACA JUGA : Awal Mula Kawah Gunung Galunggung Longsor! Penyebabnya Apa Ya?

Kisah ini bermula pada Mei 2019, Ucu yang suka jalan-jalan mengunggah Instagram Story soal dorokdok. Kemasan unik sebesar guling itu menuai respon dan Ucu diminta teman-temannya untuk mengirimkan ke rumah. Hal ini bahkan berulang, tak hanya sekali terjadi.

Merasa ini adalah sebuah peluang, Ucu meminjam uang sebesar Rp 1,5 juta dari orang tuanya. Dengan uang tersebut, dia membeli 15 bungkus dorokdok.

"Akhirnya, dari 15 bungkus yang dijual, yang minat ada 32. Sore itu, uang modal aku kembalikan ke mama, dan dana itu diputar hingga Dorokdokcu sebesar ini,"ujarnya.

Dia mengaku tak pernah terpikir menjalankan bisnis. Bahkan, latar belakang keluarganya jauh dari profil orang-orang yang memiliki bisnis.

Kini, berawal dari 15 bungkus pada Mei 2019, saat ini sudah berkembang menjadi 4.500 bungkus terjual setiap harinya. Ucu kini dibantu oleh temannya, Lutfi Azar yang memiliki latar belakang bisnis. Keduanya lantas mengembangkan produk, mulai dari varian rasa, promosi dan sebagainya.

Kerja keras keduanya membuahkan hasil. Distributor Dorokdokcu sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Kini, Dorokdokcu yang memiliki aneka varian rasa mulai dari jeruk pedas, pedas gurih, original, asin gurih, jagung bakar, pedas cikur, dan barbeque. Dorokdokcu bahkan terjual 33.000 sampai 50.000 bungkus dalam sebulan.

BACA JUGA : Mafia Gojek Dimana-Mana! Ini 7 Bisnis Starup Milik Mantan Karyawan Gojek...

"Pokoknya omzet kita, yang dulu kita enggak terbeli mobil, sekarang bisa beli mobil," ujar Lutfi saat ditanya berapa omzet yang dikantongi setiap bulannya.

Ranah online memang menjadi fokus keduanya dalam memasarkan dorokdokcu. Tidak hanya di perkotaan, di kampung tempat dorokdok dibuat, Dorokdokcu pun berdampak positif terhadap ekonomi warga setempat. Dia bercerita, yang tadinya hanya beberapa karyawan, produksinya bertambah, pengiriman luar kota bertambah, otomatis banyak pekerja yang baru.

Nah, tertarikkah untuk berbisnis kuliner dorokdok! Yuk, berbisnis kuliner biar cuan tebal!

BACA JUGA : Modal Nonton Youtube, Ginting Mantan Karyawan Pabrik Ini Sukses Jualan Cireng Isi!
1
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERPOPULER